Membahas semua info tentang kamera

Pertimbangan Sebelum Memilih Lensa Kamera Tele dan Lensa Sapu Jagat

Artikel terkait : Pertimbangan Sebelum Memilih Lensa Kamera Tele dan Lensa Sapu Jagat

Kebingungan dalam memilih lensa yang tepat merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi para fotografer pemula. Sering kali mereka terjebak dalam pemilihan fitur serta fungsi lensa yang sesuai dengan genre fotografi yang sedang mereka dalami. Nah, pada kesempatan kali ini, TipeKamera mencoba meberikan beberapa pertimbangan dalam menentukan lensa yang tepat sesuai kebutuhan maupun budget yang tersedia.

Dalam artikel ini, kami tidak akan membandingkan kualitas dari merk lensa ataupun membahas tipe lensa satu persatu. Namun pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan pertimbangan dalam pemilihan kategori lensa kamera yang tepat untuk menghasilkan bidikan yang sesuai dengan keinginan kita.

Baca juga: Mengenal Jenis dan Fungsi Lensa Pada Kamera DSLR

Memilih Lensa Tele dan Lensa Sapu Jagat

Setiap fotografer tentunya selalu ingin menambah ilmu serta mengasah skill fotografi yang dimilikinya. Salah satu caranya adalah dengan mengupgrade peralatan yang mereka punya, salah satunya tentu saja lensa kamera. Namun dalam prakteknya, pemilihan lensa tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyaknya tipe lensa yang ada dipasaran dengan beragam fitur tentu akan membingungkan bagi para pemula. Selain pertimbangan fitur dan fungsi, terkadang kita juga terkendala dengan budget yang terbatas untuk memiliki beberapa tipe lensa tertentu.

perbandingan lensa tele dan lensa sapu jagat

Sekali lagi kami tekankan, disini tidak akan membahas kelebihan maupun kekurangan dari berbagai tipe maupun merk lensa. Tapi yang akan kami bahas adalah, kombinasi apa yang cocok dengan lensa kit?. Lensa Tele dengan renge lebih jauh atau justru lebih memilih lensa sapu jagat. Kami lebih memilih membandingkan kedua lensa tersebut karena banyaknya perdebatan yang terjadi diantara kedua jenis lensa tersebut.

Buat anda yang sedang bingung dalam memilih lensa tersebut, mungkin beberapa poin pertimbangan dibawah ini dapat menjadi solusi permasalahan anda. Dalam hal kami akan membuat 2 perbandingan kategori lensa :

  1. Kombinasi Lensa Kit dengan Lensa Tele seperti Canon 55-250 atau Lensa Tele 70-300.
  2. Lensa Sapu Jagat seperti Canon 18-200, Sigma 18-200, Tamron 18-200 atauh bahkan Tamron 18-270 VC.

Sebelum memutuskan lensa apa yang akan dipilih antara Lensa Sapu Jagat dna Lensa Tele, mari kita simak beberapa hal yang mesti anda pertimbangkan:

Kualitas Hasil Foto

Jika anda lebih memilih mengejar kualitas, tentu kombinasi Lensa Kit dengan Lensa Tele adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan adanya pembagian range anta kedua lensa tersebut, maka spesialisai masing-masing lensa akan jelas terlihat. Lensa Tele akan berperan dalam pengambilan gambar jarak jauh yang lebih berkualitas, sedangkan Lensa Kit akan mengambil perannya dalam foto pada jarak yang relatif lebih dekat.

Beda halnya dengan Lensa Sapu Jagat, lensa ini biasanya hanya akan terlihat lebih tajam pada range-range tertentu saja dan akan terlihat lebih soft pada range yang lebih jauh. Entah apa penyebabnya, tapi permasalah tersebut memang sangat umum terjadi pada lensa ini. Masalah tersebut juga merupakan salah satu kekurangan dari Lensa Sapu Jagat, yang mana hasil jepretan tidak setajam Lensa Tele pada jarak jauh dan tidak setajam Lensa Kit pada range dekat.

Tingkat Kepraktisan

Jika anda lebih cenderung memilih kepraktisan saat melakukan pemotretan, sudah pasti Lensa Kit dan Lensa Sapu Jagat adalah jawabannya. Alasannya karena Lensa Sapu Jagat mampu melakukan pemotretan jarak dekat dan jarak jauh tanpa harus mengganti lensa. Anda hanya perlu mengatur zoom untuk medapatkan range yang sesuai pada saat pengambilan gambar.

Kepraktisan ini tidak akan anda dapatkan jika menggunakan Kombinasi 2 lensa sebelumnya. Dimana anda harus menggunakan Lensa Kit saat pengambilan jarak dekat dan harus berganti ke Lensa Tele ketika pengambilan jarak jauh. Cara ini terbilang cukup merepotkan serta beresiko masuknya debu kedalam kamera saat pergantian lensa, kecuali anda memiliki 2 kamera.

Tingkat Kebutuhan

Apabila anda seorang fotografer profesional yang selalu dituntut hasil yang maksimal, maka pembagian range lensa jelas sangat dibutuhkan. Lensa dengan spesifikasi range masing-masing, akan memberikan hasil yang lebih berkualitas dibandingkan Lensa Sapu Jagat. Bahkan kami tidak merekomendasikan penggunaan Lensa Sapu Jagat untuk mendapatkan hasil yang lebih profesional.

Lain lagi dengan fotografer yang lebih mengutamakan pengabadian gambar untuk pribadi untuk kepuasan tanpa tuntutan hasil. Seperti seorang backpacker yang ingin mengabadikan gambar pada daerah yang dikunjunginya, maka Lensa Sapu Jagat sudah lebih dari cukup. Selain itu tingkat kepraktisan tanpa harus gonta-ganti lensa juga menjadi pertimbangan.

Pertimbangan Biaya

Budget menjadi masalah tersendiri dalam pemilihan lensa. Terkadang kita menginginkan lensa dengan spesifikasi tertentu, tapi buget yang tersedia tidak mencukupi. Tak dipungkiri jika harga sebuah lensa terkadang cukup mahal untuk beberapa jenis lensa. Namun untuk anda yang memiliki dana terbatas, Lensa Kombinasi bisa menjadi alternatif. Walaupun bergantung pada merk lensanya, namun biasanya Lensa Kombinasi lebih murah dibanding Lensa Sapu Jagat.

Nah, dari poin-poin diatas seharusnya anda sudah mendapat gambaran akan lensa yang mau dipilih. Ini bukan tentang mana yang lebih unggul antara Lensa Tele atau Lensa Sapu Jagat, namun ini tentang mana yang lebih menjadi prioritas bagi anda. Semoga bermanfaat.

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz