Membahas semua info tentang kamera

Kekurangan Canon EOS 600D Yang Sering Dikeluhkan Pengguna

Artikel terkait : Kekurangan Canon EOS 600D Yang Sering Dikeluhkan Pengguna

Apa sih kekurangan Canon EOS 600D yang merupakan kamera Canon yang muncul tahun 2012 silam ini?. Meski tergolong sudah cukup lama, namun nyatanya kamera ini masih banyak di pergunakan hingga saat ini. Tentu bukan tanpa sebabkamera ini masih diminati, beragam kelebihan yang dimilikinya salah satunya karena EOS 600D sering disebut-sebut sebagai kamera terbaik untuk pemula.


kekurangan canon eos 600d

Kelemahan DSLR Canon 600D

Canon 600D banyak digemari para fotografer pemula karena termasuk jenis kamera yang mudah dipahami. Hasil jepretan dari Canon EOS 600D ini juga terbilang cukup baik dengan dukungan autofocus yang mumpuni, bahkan pada objek yang minim cahaya. Walau beberapa fotografer merasa jika Auto White Balance belum begitu maksimal pada kondisi pencahayaan dalam ruangan.

Sebelum kita bahas lebih mendalam apa saja kekurangan kamera DSLR Canon ini, mari kita bahas lebih jauh tentang fitur yang ada pada Canon EOS 600D.

Karet Gampang Melar Dan Lepas

Ini adalah salah satu keluhan yang paling banyak dialami pengguna Canon EOS 600D, yaitu karet yang mudah lepas. Karet yang paling sering bermasalah adalah penutup port USB dan Charger yang mudah longgar dan lepas. Selain itu masalah lainnya adalah karet Grip pegangan yang juga mengalami masalah serupa. Entah karena kualitas karet yang buruk atau pemasangan yang tidak sempurna, namun permasalahan ini sangat umum dijumpai para pengguna EOS 600D.

Bobot Canon EOS 600D Yang Berat

Untuk masalah desain kamera, sepertinya ini tidak termasuk kedalam daftar kekurangan Canon EOS 600D. Desain kamera ini tergolong cukup bagus dan terasa nyaman saat digenggam. Namun yang sering dikeluhkan pada pemakai adalah bobotnya yang cukup berat,  sekitar 600-700 gram (termasuk lensa kit dan baterai). Bobot ini terbilang cukup berat dibandingkan berat kamera DSLR pada umumnya yang hanya berkisar 500 gram.

Material Plastik dan Penempatan Tombol Yang Kurang Pas

Kekurangan berikutnya dari segi desain adalah pada meterial yang terkesan murahan. Kamera ini memiliki material yang terbuat dari plastik, tentu bahan ini membuat tampilan kamera menjadi terlihat "kurang kokoh" dan terkesan murah. Selain itu penempatan tombol kontrol pada tipe ini tergolong tidak seperti Canon pada umumnya, seperti tombol ISO yang terletak pada sebelah Command Dial, sehingga menyulitkan saat hendak mengatur ISO menggunakan roda kontrol.

Autofocus Canon EOS 600D Saat Mengambil Video

Tipe EOS 600D sudah dapat merekam video Full HD 1080p dengan 30fps dan juga merekam HD 720p 60fps untuk slow-motion. Tapi keluhan justru muncul pada autofocus saat pengambilan video. Meski sudah dilengkapi Built-in focus motor, namun ternyata focus yang dihasilkan masih kurang memuaskan saat pengambilan video. Selain itu saat mencoba merekam video, video terkadang selalu berhenti sendiri dengan mengeluarkan kata 'movie recording has been stopped automatically'.

Masih seputar merekam video, hal lain yang dikeluhkan pengguna adalah hasil rekaman memiliki noise. Penyebabnya dalah mikrofon bawaan yang terdapat dalam kamera ini cenderung ikut merekam noise saat pengambilan gambar. Tentu saja hal ini membuat kualitas hasil rekaman menjadi menurun.

Vignette Pada Layar LCD

Layar LCD Canon tipe ini memang cukup memanjakan pengguna yang suka mengambil foto selfie. Memiliki layar yang bisa di buka kesamping dan mampu berputar 360 Derajat menjadi satu kelebihan tersendiri bagi tipe ini. Fitur ini tentu sangat membantu dalam pengambilan gambar dengan mode Timer, sehingga posisi gambar akan lebih mudah disesuaikan. Namun layar LCD ini ternyata cukup sering dikeluhkan mengalami Vignette atau pinggiran hitam pada layar. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel mengenai apa itu Vignette.
Baca : Apa Itu Vignette ?

Notifikasi Baterai Telat

Untuk kapasitas baterai Canon EOS 600D terbilang cukup untuk kamera sekelasnya. Dengan satu kali pengisian penuh, baterai Canon EOS 600D mampu bertahan hingga 440 kali pengambilan gambar (berdasarkan data dari situs Canon USA). Namun yang disayangkan adalah, notifikasi pemberitahuan Low-Battery yang terbilang "telat". Notifikasi baru akan muncul ketika daya baterai sudah benar-benar kritis, walhasil jika notifikasi ini sudah muncul maka segera lakukan pengisian baterai.

Meski beberapa kekurangan yang sering dikeluhkan diatas, nyatanya kamera ini masih terbilang layak untuk menemani aktifitas fotografi anda. Kelebihan-kelebihan yang dimilikinya terbilang cukup sepadan dalam menutupi kekurangan Kamera DSLR Canon EOS 600D ini. Tertarik untuk memilikinya?

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz