Membahas semua info tentang kamera

Mengenal Jenis dan Fungsi Lensa Pada Kamera DSLR

Artikel terkait : Mengenal Jenis dan Fungsi Lensa Pada Kamera DSLR

Pemilihan lensa dalam dunia fotografi adalah salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas hasil foto. Vitalnya peran lensa pada kamera tak lain adalah karena fungsinya untuk mengantar cahaya pada objek yang dibidik. Lensa pada kamera DSLR maupun kamera Mirorrless, perbedaan lensa akan menghasilkan bentuk foto yang berbeda pula. Untuk itu pemilihan lensa yang tepat dapat memaksimalkan hasil bidikan yang anda peroleh.

Ada cukup banyak jenis lensa yang beredar dipasaran dengan masing-masing keunggulannya. Kebanyakan fotografer pemula cukup kebingungan dalam menentukan jenis lensa apa yang akan ia gunakan. Untuk itu anda dituntut untuk memahami fungsi dari masing-masing lensa tersebut, lalu menyesuaikannya dengan kebutuhan anda.

jenis lensa kamera DSLR

Jenis Lensa Yang Umum Digunakan

Secara umum, ada 7 jenis lensa yang cukup populer dikalangan fotografer. Jenis lensa tersebut adalah :

1. Lensa Kit

Lensa ini biasanya sudah satu paket ketika melakukan pembelian kamera. Banyak yang menyebut ini adalah lensa standar karena memberikan efek naturan dalam hasil fotonya. Namun walau begitu, Lensa kit juga memiliki banyak keunggulan jika kita mau meng-eksplore lebih dalam.
Baca juga : Kelebihan Lensa Kit

2. Lensa Wide Angel

Lensa ini memiliki sudut yang lebar sehingga tangkapan gambar memiliki bidang yang luas dibanding jenis lensa lainnya. Sudut lebar lensa ini dihasilkan dari focal lenght pendek yang dimilikinya. Semakin pendek focal lenght maka sudut pandang yang dihasilkan lensa akan semakin luas.

3. Lensa Tele

Sesuai namanya, lensa ini digunakan untuk membidik objek dengan jarak yang cukup jauh. Lensa tele memiliki focal lenght yang panjang (umumnya diatas 100mm). Lensa ini mampu mendekatkan objek pada gambar, mempersempit sudut pandang serta memberikan efek bokeh pada hasil foto.

4. Lensa Sapu Jagat

Ini adalah lensa dengan kemampuan multi fungsi gabungan antara lensa wide angel dengan lensa tele. Lensa ini mampu menggantikan peran lensa wide angel karena memiliki focal lenght minimal yang pendek. Selain itu dia juga mampu mengimbangi lensa tele dengan focal lenght maksimalnya yang panjang. Ini adalah lensa yang cocok bagi anda yang tidak ingin direpotkan dengan bergonta-ganti lensa.
Baca juga : Rekomendasi Lensa Sapu Jagat

5. Lensa Fix

Lensa fix adalah lensa yang hanya memiliki satu focal lenght saja. Salah satu kelebihan lensa ini adalah bukaan diafragmanya yang besar, sehingga sangat baik pada kondisi pemotretan minim cahaya. Selain itu lensa ini juga lebih unggul dalam memberikan efek blur/bokeh pada foto.

6. Lensa Mikro

Seperti namanya, lensa ini digunakan dalam pemotretan objek berukuran kecil seperti serangga. Lensa ini mampu mendekatkan objek yang kecil menjadi lebih jelas dengan kemampuan close-up yang sangat baik.

7. Lensa Fish Eye

Bentuknya yang menyerupai mata ikan menjadi alasan mengapa lensa ini dinamai fish eye. Lensa ini memiliki kemampuan menangkap sudut bidang yang sangat luas, jenis ini juga bisa dikategorikan dalam lensa ultra-wide angel. Ini karena kemampuan tangkapan sudut bidang yang jauh melebihi lensa wide angel biasa.

Dengan mengetahui fungsi-fungsi utama dari berbagai jenis lensa pada kamera DSLR tersebut, anda sudah bisa menentukan lensa mana yang sesuai untuk anda. Perbedaan karakter jenis lensa tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan fotografi anda, berbeda genre fotografi tentu berbeda pula kebutuhan lensanya. Semoga bermanfaat!

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz