Membahas semua info tentang kamera

Cara Mengatur Kamera DSLR - Sebenarnya, Sesuai Selera Pemakai!

Artikel terkait : Cara Mengatur Kamera DSLR - Sebenarnya, Sesuai Selera Pemakai!

Banyak yang beranggapan bahwa ada setting-an yang perlu dilakukan untuk kamera DSLR. Namun itu tidaklah sepenuhnya benar, Tidak ada patokan atau cara mengatur kamera DSLR yang khusus dan harus dipahami semua penggunanya. Penggunaan pada kamera DSLR amat tergantung kepada sang pemakai itu sendiri, bukan pengaturan dari kameranya.

Meski begitu, memang beberapa pengaturan pada kamera DSLR juga akan memberikan berpengaruh berbeda terhadap hasil foto. Tapi sejatinya, pemakaian dan cara mengatur kamera tergantung kebutuhan dari penggunanya, tidak ada cara khusus, apalagi rahasia.

cara mengatur kamera DSLR - TipeKamera.com

Beberapa Patokan dan Cara Mengatur Kamera DSLR

Nah, mungkin ada beberapa masukan perihal cara mengatur kamera DSLR yang mungkin dapat anda jadikan sedikit pegangan. Terutama kalau dalam kondisi tertentu yang membutuhkan teknis yang tinggi.

1. Utamakan Menggunakan Format RAW

Format RAW dalam kamera DSLR adalah format terbaik untuk kebutuhan editing setelah foto diambil. Selain itu, format ini juga mempunyai cangkupan yang lengkap, mulai dari warna yang lebih keluar dan lengkap serta fleksibilitas di dalamnya.

Kekurangannya adalah, gambar dengan format terbilang lebih besar ukurannya. Jadi, anda juga harus bersiap dengan memori eksternal berukuran besar juga. Tetapi, seperti yang penulis bilang di poin awal ini, format RAW adalah gambar dengan kualitas terbaik dibanding format gambar lainnya.

2. Perhatikan Kualitas Dari Format JPEG

Jika anda terbiasa mengambil gambar dengan format JPEG, pastikan pengaturan ukuran sudah mengambil opsi large, atau yang paling bagus kualitasnya. Format JPEG juga sangat berguna ketika pengambilan foto dengan mode continous-shot, selain tidak mengurangi kualitas gambar, format JPEG juga berurutan kedua terbaik setelah format RAW.

3. Gunakan Live View

Live View adalah mode pada kamera yang menampilkan gambar yang akan kita bidik muncul di layar LCD kamera. Gambar yang tertangkap lensa otomatis akan tampil pada layar monitor pada kamera DSLR anda. Fitur live view dapat ditemui pada semua jenis kamera DSLR yang sudah dilengkapi layar monitor.

Fitur ini sangat berguna ketika mengambil gambar melalui tripod, sehingga anda tidak perlu lagi mengintip dari jendela bidik saat pengambilan gambar. Untuk menyalakan fitur live view, pada kamera tertera di tombol yang biasanya ada di depan bagian kamera.

4. Update Firmware Terus Menerus

Performa kamera terbaik bisa diukur dari segi update yang sudah dilakukan. Penting untuk anda selalu update firmware kamera terbaru, apapun jenis kameranya. Bila anda menggunakan kamera DSLR Canon, selalu lakukan pengecekan update firmware terbaru di www.canon.com/eos-d.

5. Atur Diopter

Untuk sebagian orang yang menggunakan alat bantu melihat, mendapat fokus pada objek foto akan sedikit lebih sulit dibanding dengan orang normal. Fitur diopter pada kamera DSLR amat berpengaruh perihal ini. Diopter adalah tombol putar kecil yang biasanya terdapat persis di atas viewfinder. Gunakan tombol ini perihal penangkapan fokus yang lebih jelas.

Seperti yang penulis bilang pada awal kalimat, cara mengatur kamera DSLR adalah masalah selera. Tidak sama antara individu dengan individu lainnya. Ini hanyalah sebagai patokan dan acuan pribadi anda.

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz