Membahas semua info tentang kamera

Cara Mencegah Lensa Berjamur Untuk Fotografer Pemula Dan Profesional

Artikel terkait : Cara Mencegah Lensa Berjamur Untuk Fotografer Pemula Dan Profesional

Bagi anda yang memiliki hobi fotografi atau bahkan berprofesi sebagai fotografer pasti memiliki kamera DSLR atau mirrorles. Kamera yang anda miliki ini membutuhkan perawatan khusus agar bisa tahan lama dan tidak rusak, salah satu perawatan yang harus anda perhatikan ada pada bagian lensanya, karena lensa kamera DSLR atau mirrorles sangat rentan untuk terkena jamur.

Seperti kita ketahui, pertumbuhan jamur dapat terjadi di tempat-tempat yang lembab. Hal ini tentu tidak terlepas dari kamera dan lensa yang juga bisa terkena lembab dan memungkinkan pertumbuhan jamur khususnya pada lensa kamera kesayangan anda. Lalu, bagaimana cara mencegah lensa kamera berjamur? Berikut ulasannya.


1. Pastikan Lensa Kamera Selalu Dalam Keadaan Kering

Seperti yang sudah disebutkan diatas, jamur dapat tumbuh dan berkembang pada tempat yang lembab. Oleh karena itu, pastikan lensa kamera yang anda miliki tetap kering.

Untuk menjaga hal tersebut, selalu bersihkan kamera anda khususnya pada bagian lensa dengan tisu kering dan jangan dengan bahan seperti kaos ataupun lap biasa, karena pada bahan tersebut memiliki sifat non-microfiber yang tentunya tidak akan mengeringkan kamera anda secara maksimal.

2. Jangan Meniup Lensa Kamera Dengan Mulut

Apakah anda pernah membersihkan debu yang ada di lensa kamera dengan cara ditiup dengan mulut? jika iya, sebaiknya kebiasaan ini harus anda kurangi. Karena dengan meniup lensa kamera dengan mulut akan mempercepat proses tumbuhnya jamur.

Di dalam mulut manusia terdapat banyak sekali bakteri yang tercampur dengan air liur, nah bakteri ini adalah salah satu faktor penyebab tumbuhnya jamur dengan cepat pada lensa kamera yang anda gunakan. Lalu bagaimana solusinya? solusinya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan blower dan harus anda bawa kemana-mana di dalam tas kamera anda ketika ingin melakukan sesi foto.

3. Jangan Lupa Tas Kamera Yang Juga Kering

Jangan sampai usaha anda untuk menjaga kamera tetap kering menjadi sia-sia karena tas kamera yang anda gunakan untuk menyimpan kamera dalam keadaan lembab.

Memang untuk menjaga tas kamera dalam keadaan kering cukuplah sulit, tapi anda bisa menjemur tas kamera anda sebelum anda gunakan. Sementara itu anda bisa menyimpan kamera anda di dalam "Dry Box" yang bisa menyerap kelembaban dan bisa mencegah lensa berjamur.

4. Sesi Foto Hujan-Hujanan? Gunakan Rain Cover!

Bagi anda fotografer landscape atau outdoor yang seringkali berkutat dengan hujan dan kabut, anda perlu memperhatikan lensa kamera yang anda gunakan. Karena lensa yang digunakan dalam keadaan berkabut akan menimbulkan embun, dan embun ini adalah tempat yang sangat disukai jamur sebagai tempat tumbuh kembang.

Cara mencegah lensa berjamur dalam keadaan ini adalah selalu membersihkan lensa dengan tisu kering. Dan bagi anda yang suka mengambil gambar di luar ruangan dengan cuaca yang tidak bersahabat sebaiknya menggunakan rain cover agar kamera dan lensa aman dari air.

Lalu bagaimana jika anda yang suka memotret sambil hujan-hujanan dan belum memiliki rain cover? caranya mudah, anda hanya perlu mengambil beberapa plastik bening yang ada di dapur dan beberapa karet gelang dan dengan sedikit membungkus kamera sesuai bentuknya, anda sudah memiliki rain cover dengan modal kreativitas! menarik bukan?


Rangkuman diatas adalah beberapa cara mencegah lensa berjamur bagi anda yang gemar fotografi. Seperti kita ketahui, biaya membersihkan kamera yang berjamur tidaklah murah, ya meskipun tidak terlalu mahal juga, sih. Tetapi bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati?

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz