Membahas semua info tentang kamera

Tips Dalam Memilih dan Membeli Kamera Untuk Pemula

Artikel terkait : Tips Dalam Memilih dan Membeli Kamera Untuk Pemula

Kamera adalah kebutuhan mutlak bagi para fotografer. Baik itu pemula maupun profesional tentu punya kebutuhan masing-masing akan jenis dan tipe kamera mereka. Bagi profesional fotografi tentu bukanlah hal yang sulit dalam memilih kamera mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Namun bagi para pemula yang masih awam dengan fitur-fitur kamera baik mirrorles mau pun DSLR tentu akan kebingungan dalam memilih mana kamera yang cocok.

cara memilih dan membeli kamera untuk pemula

Beberapa Tips Dalam Memilih Kamera Bagi Pemula

Beragamnya fitur dan spesifikasi kamera tentu saja membuat bingung dalam memilih kamaera mana yang akan anda beli. Apalagi jika pemula dan masih belum tahu seluk beluk dunia fotografi, tentu ini menjadi malasah tersendiri. Setiap kamera memiliki karakter tersendiri dalam pemenuhan akan kebutuhan sang fotografer. Nah untuk kamu yang masih awam akan dunia fotografi dan masih bingun dalam menenntukan apa saja fitur kamera yang kamu butuhkan, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Sesuaikan Dengan Budget

Walau banyak yang mengatakan kalau kamera mahal itu adalah untuk para profesional, namun jika anda mempunyai budget yang cukup kenapa tidak?. Tidak ada larangan bagi pemula dalam membeli kamera dengan fitur ‘seabrek’ macam Canon 5D Mark III. Pengkelasan kamera dibuat oleh para pengguna dengan melihat kebutuhan dari masing-masing pemakainya. Pabrikan kamera sendiri tidaklah mengkhususkan produk mereka hanya untuk kalangan profesional atau pemula.

Namun jika Budget yang anda miliki cukup terbatas, maka kamera entry-level tentu saja jadi pilihan terbaik. Kamera entry level sering diketegorikan sebagai kamera untuk pemula karena fitur yang tertanam didalamnya tidak selengkap kamera semi-pro ataupun profesional. Jika memang dana anda hanya cukup untuk memiliki kamera entry level ini, tak usah berkecil hati. Jenis kamera bukanlah hal mutlak dalam menentukan hasil karya anda nantinya.

Pilih Merk Kamera Dengan Pengguna Terbanyak

Maksudnya adalah, anda dapat melakukan survei kecil di daerah sekitar tempat tinggal anda. Biasanya setiap daerah memiliki komunitas fotografi tersendiri yang dapat anda cari melaui facebook misalnya. Dari komunitas itu anda dapat meliahat brend kamera apa yang paling banyak digunakan oleh anggotanya. Dan belilah merk kamera yang memiliki banyak pemakai di komunitas tersebut.

Pemilihan brand dengan banyak pengguna ini cukup membantu anda kedepannya. Bukan berarti kamera dengan lebih sedikit pengguna adalah kamera berkualitas buruk. Dengan memiliki teman dengan merk kamera yang sama, tentu saja akan mempermudah anda dalam mempelajari kamera yang anda punya. Anda juga dapat berbagi pengalaman dengan pengguna lainnya. Dan bisa saja anda sesekali meminjam beberapa aksesoris untuk mencobanya di kamera anda.

Sisihkan Budget Untuk Membeli Aksesoris

Tips lainnya adalah, jangan menghabiskan semua budget unda hanya untuk membeli kamera. Baik kamera DSLR ataupun Mirrorles membutuhkan perawatan  khusus. Untuk itu sisihkan sedikit budget untuk membeli beberpa perlengkapan pendukung seperti :

UV Filter untuk melindungi kaca lensa

Walau sebenarnya fungsi utama dari UV Filter adalah untuk menghalangi sinar UltraViolet saat memotret, namun banyak fotografer memanfaatkan filter untuk melindungi kontak langsung pada kaca depan lensa. UV Filter memang memiliki beragam harga, mulai dari yang berharga ratusan ribu hingga jutaan. Tentu saja semakin mahal maka semakin baik kualitasnya.

Blower Pembersih

Jangan anda bayangkan blower ini seperti blower listrik dengan kekuatan meniup yang besar ya. Blower kamera berukuran kecil dan umumnya tidak memerlukan listrik ataupun baterai. Bentuknya lebih mirip pipet dengan ukuran yang lebih besar. Fungsinya adalah untuk meniup kotoran kecil yang terdapat didalam kamera.

Hindari meniup bagian dalam kamera atau pun lensa menggunakan mulut. Ini karena tiupan dengan mulut bukan hanya angin, bisa saja kuman dan bakteri dapat tertiup kedalam  bagian kamera. Ini tentu saja dapat membuat kamera anda jadi lebih rentan berjamur.

Lens Pen

Sesuai namanya, benda ini memiliki bentuk seperti sebuah pena dengan ujung pembersih. Ujung lens pen terbuat dari bahan yang lembut serta mampu mengangkat kotoran serta debu pada lensa dengan baik. Jangan menggunakan bahan seperti kaos atau tisu untuk membersihkan lensa anda.

Dry Box

Dry box adalah sebuah kotak kedap udara yang berfungsi sebagai tempat menyimpan kamera ketika tidak digunakan. Kamera sebaiknya disimpan pada wadah khusus seperti dry box untuk menghindari udara lembab serta memancing tumbuhnya jamur pada lensa.

Silica Gel

Mungkin anda sering menemukan silica gel dalam beberapa produk seperti tas atau sepatu kulit dalam  bungkusannya. Fungsi silika gel ini adalah menghisap uap air yang terkandung dalam udara. Sealin itu silica gel juga sangat berperan  dalam mencegah munculnya jamur.

Bergabung Dengan Komunitas Fotografi

Jika semua tips diatas sudah anda terapkan, asumsi saya berarti anda sudah memiliki sebuah kamera yang lengkap dengan aksesoris pendukungnya. Tentu saja langkah selanjutnya adalah mulai belajar menggunakan kamera tersebut. Untuk memulai belajar fotografi anda dapat masuk dan bergabung dalam suatu komunitas.

Komunitas adalah sarana tercepat dan termudah dalam belajar fotografi. Jangan ragu untuk segera bergabung dalam suatu komunitas, selain menambah ilmu, anda juga bisa menambah teman baru dengan hobi yang sama. Ikut komunitas membuat anda lebih cepat mengerti dan paham teknik-teknik fotografi. Ini karena anda langsung belajar dengan mempraktekannya dan dikelilingi teman yang siap membantu dalam mengahsilkan karya pertama anda.

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz