Membahas semua info tentang kamera

Mengenal Kelas Serta Arti Digit pada Kamera Canon

Artikel terkait : Mengenal Kelas Serta Arti Digit pada Kamera Canon

Canon memang cukup dikenal sebagai salah satu produsen kamera DSLR yang cukup laris dipasaran. Canon mulai terjun ke pasar kamera DSLR sekitar tahun 2000. Tak mudah bagi Canon untuk bisa menembus pasar, dengan pengalaman panjang dan berbagai halangan, akhirnya Canon kini menjadi salah satu kamera yang cukup laris di pasaran. Tak sedikit yang cukup setia dengan merk kamera ini, hal ini yang membuat Canon terus memberikan inovasi terbaru dalam setiap produknya.

Tahukan anda seri pertama dari kamera DSLR Canon? jawabannya adalah Canon D30. Meski tipe pertama ini belum memberikan nilai lebih yang diinginkan pengguna, namun 2 tahun berikutnya Canon berhasil menggebrak pasar dengan kehadiran DSLR Fullframe miliknya.

Inovasi yang tida henti membuat perkembangan kamera Canon cukup cepat. Puncaknya saat 2010, Canon berhasil menguasai pangsa pasar dengan perentasi 41% pemakai. Hal ini tentu mengungguli pesait ketatnya Nikon yang hanya mampu menggaet 35% pemakai di kala itu.

kelas kamera canon


Mengenal Arti Kode Tipe Canon DSLR

Jika anda pengguna DSLR Nikon, tentu tak asing lagi dengan kode "D" sebelum seri kamera tersebut, Inisial D ini mengacu pada kata Digital. Tak berbeda dengan Nikon, tenyata Canon pun menggunakan inisial "D" pada tipe-tipe kamera besutannya. Namun sedikit berbeda adalah, inisial "D" pada Canon disematkan pada akhir kode tipe kameranya. Meski saat ini banyak yang mengenal tipe EOS yang sebenarnya adalah kode tipe untuk body DSLR Canon.

Pembagian dan pemberian kode-kode pada tipe kamera DSLR milik Canon tidak dilakukan sembarangan. Pembarian kode ini menunjukaan kelas dari kamera itu sendiri. Untuk anda yang ingin mengenal kelas kamera Canon, secara sederhana dapat anda lakukan dengan melihat digit yang ada di seri. Umumnya, semakin banyak jumlah digitnya, semakin rendah kelas kamera Canon tersebut. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah digitnya, semakin tinggi kualitas kamera Canon tersebut. Dengan cara ini, mengenal kelas kamera Canon tidaklah terlalu sulit.

Mari kita ambil contoh, semisal untuk Canon EOS 1100D, tentu kualitas kamera 1100D tidak bisa dibandingkan dengan kamera Canon 650D. Kenapa? Karena 1100D punya angka digit 4, sedangkan 650D hanya 3, ini menandakan kelas 650D berada diatas kelas 1100D. Begitu juga dengan 70D, tentu kamera Canon 650D kalah jauh kelasnya dengan 70D. Kenapa? Karena 70D punya angka digit yang hanya berjumlah dua, sedangkan 650D digitnya tiga. Pun, kalau 70D dibandingkan dengan kamera Canon 6D akan kalah jauh kualitasnya. Karena kamera Canon 6D hanya berjumlah satu digit.


Mengenal Kelas Kamera Canon

Ada beberapa klasifikasi perihal kelas dalam kamera Canon, yakni; Low end, Middle end dan High end. Semua kelas kamera Canon ini ditujukan untuk berbeda beda kalangan. Semisal untuk Low end, jenis kamera pada kelas ini cocok sekali untuk amatir DSLR yang ingin mencoba coba dan bereksperimen dengan hasil foto. Untuk kelas Middle end, jenis kamera DSLR di kelas ini cocok untuk yang tertarik lebih jauh dengan fotografi dan mendapatkan hasil yang memang tergolong lebih bagus hasil gambarnya dari kamera Low end. Sedangkan untuk kelas kamera Canon High end, lebih ditujukan pada profesional fotografer.


1. Canon DSLR kelas Pemula - Entry level

Dibanding dengan Nikon, untuk kelas Pemula Canon masih sedikit kalah dari segi build quality. Umumnya Canon memiliki body yang licin untuk kamera entry-levelnya seperti Canon 1000D, hal ini membuat kamera rentan jatuh.

Pada 2011 Canon meluncurkan tipe 1100D, alih-alih mengupgrade versi sebelumnya nyatanya kamera ini memiliki kelasnya tersendiri. Tipe ini banyak dikategorikan Kamera kecil dan termungil di dunia untuk tipe kamera sekelasnya. Kisaran harga kamera Entry-Level Canon antar 4jt-6jtan.


2.  Canon DSLR kelas Pemula - Mid Range

Bisa dikatakan untuk versi Mid Range, Canon cukup rajin dalam mebuat inovasi dari tahun 2003 sampai saat ini. Misalnya saja untuk tipe 650D atau 700D, Canon sudah berinovasi dengan memberikan layar putar dengan teknologi touchscreen. Touchscreen pada tipe ini berfungsi untuk menentukan titik fokus saat pemotretan dengan kondisi live view. Kisaran harga Kamera Canon Mid-Range antara 5jt-8jtan.


3. Canon DSLR Semi-Advance

Kelas Semi Advance dari Canon tergolong cukup unik. Beberapa memiliki tipe versi untuk astografi untuk pengambilan gambar gerhana bulan, matahari dll. Ciri utama kelas ini ditandai dengan adanya tombol Quick-Dial khas Canon serta 2 buah LCD seperti tipe 60D dan 70D yang layarnya dapat dilipat.

Kamera DSLR Semi-Advance memang dirancang bagi mereka yang telah memahami dasar ilmu fotografi. Kamera kelas ini biasanya digunakan bagi mereka yang memang cukup serius dalam dunia fotografi. Untuk kelas ini Canon membandrol Kameranya berkisar antara 7jt-12jtan.


4. Canon DSLR kelas Advanced

Canon kelas Advance didominasi tipe EOS 7D dan EOS 6D dengan perubahan dari APS-C menjadi sensor Full-Frame. Namun sedikit disayangkan untuk tipe EOS 6D pada Canon tidak dilengkapi Flash internal pada bodynya. Untuk itu mesti diberikan Flas-External yang di jual terpisah. Untuk kelas ini, Canon membandrol dengan harga berkisar 17jt-20jtan.

5. Canon DSLR kelas Semi-Pro

Kamera DSLR Semi-Pro memang diciptakan bagia mereka yang serius dalam hal fotografi. Mengingat harga kamera yang mencapat 30jtan pastinya kamera semi-pro memang di desain dengan fitu dan kenyamanan terbaik. Salah satu produk andalan Canon pada kelas semi pro adalah Canon 5D Mark III dengan keungulan 61 titik fokus serta sensor kamera 22.3 MP.

6. Canon DSLR kelas Profesional

Ini adalah kelas dengan kasta tertinggi bagi Canon, kelas kamera profesional milik Canon ditandai dengan tipe yang hanya menggunakan 1 digit angka saja seperti EOS 1D, EOS 1Ds dan EOS 1D X. Untuk tipe EOS 1Ds Mark III umumnya disukai untuk tipe foto studio. Ini karena kamera dengan resolusi 21.1 MP dengan 45 titik fokus ini hanya memiliki kecepatan yang rendah, yaitu 6 fps. Berbeda dengan Canon EOS 1D Mark IV yang memiliki kecepata 10fps yang sering digunakan untuk foto olahraga. Dengan semua kenyaman fitu yang diberikan Canon pada kamera kelas profesional, wajar jika kamera ini dihargai hampir 70jt.

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz