Membahas semua info tentang kamera

Mengenal Jenis Jenis Efek Vignette Pada Kamera

Artikel terkait : Mengenal Jenis Jenis Efek Vignette Pada Kamera

Vignette adalah salah satu jenis karya seni, Vignette berasal dari bahasa Perancis yang berarti batang anggur. Meskipun istilah Vignette sering kita temukan dalam dunia fotografi, namun di Perancis vignette lebih dikenal dengan seni hias buku, bentuk hiasan tersebut biasanya digunakan pada seni arsitektur maupun grafika.

Beberapa ada juga yang mengartikan vignette sebagai sebuah sketsa dengan gambar unik dan dekoratif. Vignette sendiri cukup populer di Indonesia menjadi karya seni rupa pada era 70-an, karya seni ini biasanya ditujukan sebagai media ungkapan ekspresi bagi kawula muda pada saat itu.

Vignette Dalam Dunia Fotografi

Vignette dalam dunia fotografi sangat umum terjadi baik secara sengaja maupun secara tidak sengaja. Dalam dunia fotografi Vignette adalah efek yang berwarna gelap dan timbul pada bagian pojok gambar atau tepian foto yang diambil sementara bagian tengahnya tetap memiliki efek normal seperti biasa.

Jenis Jenis Vignette

jenis efek vignette pun beragam, mulai dari warna gelap yang sangat sedikit, memiliki warna gelap yang lumayan, hingga memiliki warna hitam pekat. Bagi sebagian orang efek vignette ini dinilai sebagai perusak gambar karena kualitas gambarnya menjadi tidak maksimal. Tetapi bagi sebagian orang lainnya efek vignette ini memiliki nilai keindahannya sendiri.

Lalu apa saja penyebab gambar yang kita ambil menyebabkan timbulnya efek vignette? dan apakah vignette memiliki jenisnya sendiri? mari simak penjelasannya di bawah ini.


1. vignette Mekanis

Jenis vignette yang satu ini ditandai dengan munculnya efek gelap yang berada di sekitar tepian gambar ini diakibatkan oleh pemasangan lens hood oleh fotografer yang kurang tepat dan bisa jadi karena terlalu banyaknya filter yang digunakan oleh sang fotografer pada lensa kamera.

Jika anda tidak menginginkan adanya efek vignette pada gambar yang anda ambil, cobalah untuk tidak menggunakan banyak filter secara sekaligus pada kamera yang anda gunakan.

2. Vignette Optik

Jenis bignette yang satu ini biasanya disebabkan oleh penambahan kaca pada lensa kamera seperti lensa telephoto, wide angle, macro dan jenis lensa lainnya. Penambahan kaca pada lensa ini akan mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk pada lensa. Biasanya vignetee yang dihasilkan akan terlihat lebih tipis dan tergradasi.

Untuk menghindari efek vignette yang ditimbulkan oleh lensa, ada baiknya anda berhati-hati dalam memilih dan membeli lensa. Lakukan lah riset atau bertanya kepada teman atau fotografer profesional mengenai lensa yang baik dan terhindar dari efek vignette.

3. Vignette Alami

Vignette alami ini berbeda dengan dua jenis vignette yang telah disebutkan sebelumnya. Vignette alami biasanya timbul karena sensor pada kamera yang anda gunakan. VIgnette ini timbul karena pencahayaan yang masuk kedalam lensa lebih terfokus pada bagian tengah dan bagian pinggir tidak terlalu terkena cahaya sehingga efek vignette akan timbul pada gambar.

Hal ini sebenarnya sulit untuk anda hindari karena efek vignette yang timbul adalah akibat dari lensa atau kamera yang anda gunakan. Jika anda khawatir tentang efek vignette yang bisa timbul pada gambar, anda tidak perlu cemas, karena lensa yang disediakan pada saat ini sudah sangat modern dan bisa membuat anda terhindar dari efek vignette yang tidak diinginkan.

4. Vignette Buatan

Seperti namanya, efek vignette yang satu ini biasanya sengaja dimasukan oleh pembuatnya dengan menggunakan aplikasi editing, photoshop, atau lain sebagainya. Dan efek vignette yang satu ini tidak terbatas pada warna hitam saja, melainkan dari berbagai macam warna dan anda bisa memilih tingkat kehitamannya mulai dari soft, medium, hingga warna yang solid.

Efek vignetee yang satu ini biasanya sengaja dimasukan karena dinilai bisa menambah efek keindahan dari gambar yang kita ambil atau hanya sekedar hiasan dan memberi kesan vintage.

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz