Membahas semua info tentang kamera

Masih Meremehkan Lensa Kit? Lihat Apa Keunggulan Lensa Ini

Artikel terkait : Masih Meremehkan Lensa Kit? Lihat Apa Keunggulan Lensa Ini

Lensa kit adalah sebutan bagi lensa yang umumnya dijual bersaaman dengan kamera. Lensa ini disebut sebagai lensa normal dan memiliki ukuran 18-55mm dengan bidikan normal. Lensa kit menghasilkan gambar seperti apa yang kita lihat/natural dengan perspektif seperti pandangan mata normal.

Lensa kit banyak dispelekan sebagian orang, entah karena ini lensa "gratisan" yang didapat waktu membeli kamera atau karena tampilannya yang terlalu sederhana. Memang jika dilihat sekilas baik dari tampilan fisik maupun fitur dari lensa kit berbagai merk, tidak ada yang istimewa. Mungkin ini juga yang membuat orang memandang tipe lensa ini dengan sebelah mata. Namun, jika anda yang baru memulai hobi fotografi, ini adalah lensa yang sangat cocok dan terbaik yang bisa anda manfaatkan. Tak jarang banyak fotograper pemula memanfaatkan lensa ini untuk menhasilkan uang untuk membeli lensa baru.

keunggulan lensa kit


Keunggulan Lensa Kit Yang Sering Diremehkan


Nah berbicara tentang cara memaksimalkan hasil foto dengan lensa kit, sebelumnya anda harus terlebih dahulu mengenal lebih jauh lensa ini. Pengunaan dengan cara yang tepat juga bisa menghasilkan foto yang ciamik meski hanya bermodal lensa kit. Penarasan apa saja keistimewaan lensa kit?

1. Memiliki 4 Panjang Focal Klasik Dalam 1 Lensa

Meski terlihat sederhana, ternyata lensa kit mempunyai 4 panjang focal klasik didalamnya. Ini artinya lensa kit mampu menggantikan 4 lensa prime/fixed, Diantanya:

  • 28mm (wide-angle)
  • 35mm (medium wide)
  • 50mm (normal)
  • 85mm (potrait)

Angka-angka yang tertera tersebut adalah angka focal lengt untuk kamera full frame. Lensa kit yang dijual untuk kamera APS-C saat ini mayoritas menggunakan rentang 18-55mm. Meski beberapa juga hadir dengan rentang 18-105mm dan 18-135mm hampir mendekati lensa tele.

Walaupun lensa kit dapat menggantikan 4 fungsi lensa sekaligus, namun fitur yang anda dapat hanya sebatas fungsi dasar. Seperti misalnya bukaan pada lensa kit umumnya paling besar hanya f/3.5, masih kalah jauh di banding lensa jenis lainnya. Namun untuk sebuah lensa yang memiliki 4 fitur, lensa kit masih bisa diandalkan.

2. Ukuran Lensa Kit yang Kecil Dan Ringan

Pada umumnya, orang mendapatkan lensa kit karena dijual dalam 1 paket dengan kamera. Seperti pada kamera APS-C yang umumnya dijual berbarengan dengan Lensa Kit 18-55mm dalam satu paket. Sesuai dengan tampilannya yang polos, lensa ini juga memiliki bobot yang cukup ringan dan kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Berat lensa kit biasanya sekitar 200 gram dengan panjang sekitar 6 cm. Tentu dengan ukuran yang mungil dan bobot yang ringan sangat membantu anda jika sedang bepergian.

3. Harga Filter Yang Lebih Murah

Semakin besar ukuran diameter filter, maka harganya semakin mahal. Walaupun sekarang sudah serba digital, tapi penggunaan filter masih tetap berguna. Begitu pula denga lensa kit, ukuran fisiknya yang kecil pastinya membutuhkan filter berukuran kecil juga.

Salah satu contoh adalah filter Kenko Pro-1 CPL (circular polarizer), berfungsi untuk mengatasi refleksi ketika memotret permukaan yang mengkilap seperti air dan kaca. Untuk filter lensa pro berukuran 77mm harganya bisa diatas 1 juta, sedangkan untuk lensa kit harganya kurang dari 700 ribu.

4. Memiliki Jarak Fokus Minimun Yang Bagus

Minimum Focusing Distance atau jarak fokus minimum merupakan ukuran kemampuan lensa dalam memotret objek dari jarak dekat. Walau tidak se-apik hasil foto dengan menggunakan lensa makro, namun pembuktian dilapangan ternyata Minimum Focusing Distance pada lensa kit ternyata lebih bagus dibanding lensa yang harganya lebih mahal.

Hal ini didasari pada perbandingan lensa kit 18-55mm baik dari Nikon maupun Canon. Ternyata memiliki jarak fokus minimum yang lebih baik dibanding dengan lensa yang lebih mahal yaitu lensa 17-55mm f/2.8 (semi-pro).

5. Membantu Menemukan Apa Yang Anda Butuhkan

Seperti dibahas sebelumnya, lensa kit mampu mewakili 4 fungsi dasar berbagai lensa. Nah, ini sangat berguna bagi anda yag masih pemula dalam dunia fotografi. Seperti kita ketahui, jenis-jenis lensa pada kamera DSLR sangat beragam sesuai fungsi masing-masing.

Jika anda sudah terbiasa memotret dengan lensa kit, lama-kelamaan anda akan menemukan jenis fotografi apa yang paling anda sukai. Misalnya anda menyukai foto-foto makro, walaupun lensa kit mempunyai fungsi dasar mackro fotografi, namun tetap saja tidak sebagus hasil dengan lensa makro. Saat inilah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan membeli lensa yang lebih sesuai pada minat anda.
kelebihan lensa kit nikon

6. Murah Tapi Tidak Murahan

Anda pasti setuju dengan anggapan "Harga menentukan kualitas". Lensa kit adalah lensa kategori murah dibanding dengan jenis lensa lainnya, tapi bukan berarti lensa kit memiliki kualitas yang buruk. Seperti kita tahu, lensa kita adalah lensa yang sangat banyak digunakan dan dibundling dengan penjualan kamera, oleh karena itu produksi lensa kit pun diproduksi secara masal. Hal ini tentu menekan biaya produksi yang juga berimbas pada murahnya harga jual.

Lensa Canon 600mm f/4 L memiliki harga yang cukup fantastis hingga ratusan juta. Tentu saja karena proses dan material pembuatnya lebih banyak, dan diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Jadi sangat masuk akal jika harganya tinggi, mengingat ongkos produksi yang juga tinggi.

Lensa kit adalah lensa yang sangat sesuai untuk anda yang baru belajar fotografi. Dari lensa kit anda dapat belajar teknik-teknik dasar dalam dunia fotografi. Jika anda sudah menemukan teknik foto yang sesuai untuk anda, maka itulah saatnya anda upgrade lensa anda.

7. Menghemat Uang Anda

Umumnya lensa kit sudah termasuk dalam paket penjualan bersama kamera DSLR. Namun pernahkan anda mencoba mencari tahu berapa harga yang harus anda keluarkan jika harus membeli terpisah?.

Sebagai gambaran, Lensa kit nikon 18-55mm VR saat ini di jual seharga 1,2 juta, dan Nikon D3400 (body only) seharga 5 juta. Artinya untuk mendapatkan Nikon D3400 dengan lensa 18-55mm VR anda harus mengeluarkan uang sebesar 6,2 juta. Sedangkan jika anda membeli Nikon D3400 satu paket dengan Lensa kit 18-55mm VR harganya 5,7 juta lebih hemat 500 ribu.

Nah mulai sekarang tidak usah berkecil hati karena anda hanya menggunakan lensa kit. Melihat keistimewaan lensa kit diatas ditambah dengan teknik fotografi yang tepat, anda juga mampu menghasilkan foto yang tak kalah keren dengan lensa-lensa mahal.

**disadur dari : http://belfot.com/7-kelebihan-lensa-kit/

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz