Membahas semua info tentang kamera

Jika Kamera Terjatuh, Segera Lakukan Hal Ini !

Artikel terkait : Jika Kamera Terjatuh, Segera Lakukan Hal Ini !

Mungkin beberapa penggiat fotografi pernah mengalami yang namanya kamera terjatuh. Entah karena tidak hati-hati saat memegang kamera atau kamera tidak sengaja terjatuh akibat hal lain. Kamera merupakan peralatan yang cukup rentan mengalami kerusakan akibat terjatuh.

Meski saat ini banyak produsen kamera yang dibuat tahan benturan, debu maupun air, namun tidak semua orang mampu memilikinya dikarenakan harga kamera yang cukup tinggi. Nah jika kamera anda termasuk kategori yang tidak tahan benturan, maka jagalah baik-baik agar terhindar dari masalah tersebut.

ilustrasi kamera terjatuh
ilustrasi kamera terjatuh


Apa Yang Dilakukan Saat Kamera Terjatuh

Hal pertama yang harus kita sadari adalah permukan tempat jatuhnya kamera. Tentu saja dampak kerusakan yang tejadi bisa berbeda tergantung dari tempat jatuhnya. Namun jika tanpa sengaja kemera anda terlepas dari tangan alias terjatuh, mungkin anda dapat mengikuti beberapa saran berikut ini.

Kamera terjatuh pada permukaan yang keras

Permukaan yang keras seperti lantai tentu akan memberikan dampak kerusakan yang lebih besar ketimbang pada permukaan yang lebih lunak. Saat terrjatuh mungkin saja akan mengakibatkan kerusakan pada body bahkan dapat membuat lensa pecah. Jika sudah begini, pergantian komponen yang rusak menjadi satu-satunya cara memperbaikinya.

Pemeriksaan Fisik Kamera

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalan pemeriksaan fisik. Periksa seluruh body kamera apakah ada bagian yang pecah atau retak. Lakukan juga pemeriksaan serupa pada bagian lensa kamera.

Saat kamera terjatuh yang perlu anda perhatikan adalah posisi lensa. Jika saat terjatuh posisi lensa sedang dalam keadaan zoom (menonjol keluar), ada kemungkinan lensa menjadi bengkok atau pecah. Jika sudah begini, segera bawa kamera anda ke service centre terdekat

Pemeriksaan Fungsi Kamera

Jika saat melakukan pemeriksaan fisik dan tidak ditemukan kerusakan, selanjutnya adalah cek fungsi kamera tersebut. Periksa apakah kamera tetap menyala jika terjatuh saat kondisi sedang menyala, atau coba nyalakan jika terjatuh saat kondisi mati. Jika kamera tidak mau menyala, itu tandanya kamera anda butuh penanganan teknisi.

Namun apabila saat dihidupkan ternyata kamera masih tetap menyala, lakukan pemeriksaan pada fungsi lain seperti mekanisme zoom. Lakukan zoom in dan zoom out untuk memastikan fitur ini masih berfungsi. Dan cobalah melakukan pengambilan beberapa gambar untuk meyakinkan anda akan kondisi kamera tersebut.

Kamera Terjatuh Kedalam Air

Berbeda dengan permukaan keras, jika kamera anda tidak sengaja tecebur kedalam air tentu akan memberikan dampak lain. Memang dengan terjatuh ke air, kerusakan fisik tidak akan terlihat dari luar. Namun dipastikan akan merusak komponen elektrik bagian dalam yang membuat kamera anda mati total.

abut Baterai Dan Keringkan Kamera

Jatuh kedalam air merupakan masalah yang cukup serius apalagi kamera tidak memiliki fitur waterproof. Apabila kamera terjatuh saat kondisi masih menyala, kemungkinan besar kamera akan rusak total dan tidak menyala lagi. Namun jika terjatuh saat kondisi mati, segera cabut baterai dan memory card kamera tersebut. Usahakan segera mengeluarkan air dari dalam badan kamera secepatnya.

Pada Kondisi ini, jangan coba-coba untuk menghidupkan kamera tersebut. Kemungkinan komponen bagian dalam kamera ikut basah dan dapat menimbulkan konsleting jika di hidupkan. Keringkan segera kamera anda dengan menggunakan Dry box yang sudah diberi silica gel selama seminggu. Pengeringan juga dapat dilakukan dengan bantuan hair dryer, namun cara ini cukup beresiko mengingat udar panas yang dikeluarkan hair dryer.

Namun saran terbaik adalah tetap dengan membawa kamera tersebut ke service centre resmi untuk di periksa lebih lanjut. Meskipun kita sudah sangat berhati-hati dalam merawat kamera, namun adakalanya kita lengah. Yang terpenting selalu rawat dan jaga-baik-baik kamera kesayangan anda.

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz