Membahas semua info tentang kamera

Hasil Foto Kurang Tajam ? Mungkin Ini Penyebabnya

Artikel terkait : Hasil Foto Kurang Tajam ? Mungkin Ini Penyebabnya

Hasil foto kurang memuaskan sering menjadi masalah bagai para fotografer pemula. Salah satunya adalah hasil foto yang di hasilkan kurang tajam, tidak fokus atau bahkan blur. Masalah seperti ini cukup sering dijumpai dalam aktivitas fotografi.

Berbagai penyebab foto kurang tajam biasanya karena pengaturan kamera yang tidak sesuai atau kurang pas. Namun faktor skill dari pemakai juga terkadang menjadi faktor lainnya dalam menentukan hasil gambar. Mungkin beberapa tips sederhana ini dapat anda aplikasikan dalam kegiatan fotografi agar menghasilkan foto yang lebih tajam.

kenapa foto kurang tajam
photo by : thestylishman.com

1. Shutter Speed Terlalu Lambat

Hal ini sering dialami bagi para pemula fotografi ketika memotret benda yang tidak bergerak, yaitu pengaturan Shutter Speed yang kurang cepat. Sebagai contoh, jika anda menggunakan lensa 50mm ada baiknya jangan mengatur Shutter Speed kurang dari 1/focal lenght lensa (dalam hal ini berarti minimal 1/50). Usahan mengaturnya lebih tinggi misal 1/60 atau diatasnya.

Untuk dapat memaksimalkan hasil foto pada teknik ini diperlukan tingkat kestabilan kamera yang baik. Bahkan lebih bail menggunakan stabilizer atau tripod saat pengambilan gambar. Panjng fokal lensa berbanding lurus dengan kecepatan Shutter Speed yang dibutuhkan. Semakin panjang focal lenght makan semakin cepat juga Shutter Speed yang dipakai.

2. Memperhatikan Pergerakan Objek Foto

Untuk pemotretan pada benda bergerak dibutuhkan teknik yang lebih baik dalam hal pengaturan kamera. Walau aturan Shutter Speed 1/focal lenght pada poin pertama masih berlaku, namun hasil foto untuk benda bergerak sedikit lebih sulit. Banyak kasus foto yang tidak tajam atau blur yang terjadi pada saat memotret benda bergerak.

3. Memotret Wide Open

Secara garis besar, setiap lensa memiliki kelemahan ketika digunakan pada mode bukaan maksimal. Sebagai contoh jika menggunakan lensa 50mm-f/1.8, anda tidak akan mendapat kan hasil foto super tajam jika menggunakan bukaan 1.8. Anda harus menaikan bukaan agar menghasilkan foto yang lebih baik.

Tidak perlu menaikan bukaan terlalu tinggi, jika menggunakan lensa f/1.8 anda hanya perlu menaikannya menjadi 2.0 samapi 2.8. Namun jika anda tetap bersikeran menginginkan hasil foto yang lebih tajam pada mode f/1.8, disarankan untuk menggunakan lensa dengan bukaan f/1.4 atau dibawahnya. Tentu saja dengan harga yang cukup mahal.

4. Menggunakan ISO yang Tepat

Semakin tinggi pengaturan ISO maka semakin besar resiko noise muncul pada foto anda. Meski teknologi kamera saat ini semakin canggih dan mampu mereduksi noise dengan lebih baik, namun noise pada ISO masih saja mungkin terjadi. Noise pada foto bisa membuat detail foto menjadi terganggu sehingga hasil gambar andapun kurang maksimal.

5. Kontras Yang Tepat

Salah satu faktor ketajaman foto adalah memiliki kontras yang tepat. Maksudnya saat anda melakukan pemotretan pada ruang yang kurang terang, maka penggunaan pencahayaan yang tepat bisa membuat objek terlihat lebih kontras dari sekitarnya. Hal inilah yang membuat foto terlihat lebih tajam.

Sebaliknya jika kita melakukan pemotretan pada saat kondisi cahaya yang flat seperti outdor, hasil foto cenderung "terlihat" kurang tajam. Walau semua pengaturan yang anda lakukan sudah maksimal, namun dengan pencahayaan yang flat membuat hasil yang didapat pun terlihat kurang tajam karena kurang kontras.

Dengan menerapkan beberapa teknik sederhana tersebut, Anda dapat meminimalisir hasil  foto yang kurang bagus. Dalam menghasilkan kualitas foto yang tajam memang tidak hanya ditentukan oleh seberapa hebat peralatan yang kita punya. Skill dalam pengguaan alat-alat tersebut juga menjadi faktor penentu. Untuk itu jangan pernah bosan dalam berlatih.

sumber:belfot.com

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz