Membahas semua info tentang kamera

DSLR VS Mirorrless. Anda pilih Mana?

Artikel terkait : DSLR VS Mirorrless. Anda pilih Mana?

Bagi anda yang ingin membeli kamera dan sedikit bingung dengan adanya kamera DSLR dan Mirorrless yang beredar di pasaran, mungkin artikel yang telah kami tulis ini bisa menjadi acuan bagi anda memilih kamera, khususnya kamera DSLR dan Mirrorless.

Perbedaan DSLR dan Mirorrless

DSLR adalah kependekan dari Digital Single-lens Reflects. Maksudnya adalah kamera ini menggunakan cermin untuk memantulkan gambar ke sensor ketika tombol shutter di tekan.

Karena itulah terdapat jendela bidik atau view finder untuk melihat gambar yang akan ditangkap oleh sensor kamera.

Sementara itu pada kamera mirrorless, seperti namanya, kamera ini tidak memiliki cermin yang berada di depan sensor. Jadi gambar yang anda akan ambil langsung ditampilkan di layar dan bisa anda lihat langsung.

Meskipun banyak kamera Mirrorless sekarang memiliki view finder, namun nyatanya view finder tersebut bukanlah view finder, namun sebuah layar dengan ukuran kecil. Dan pada kamera DSLR yang menggunakan mode live view, gambar yang akan anda ambil langsung ditampilkan dilayar, mode ini pada dasarnya menonaktifkan fungsi kaca dan merubah kamera DSLR menjadi kamera mirorrless.


Pengaruhnya Pada Gambar

Pada kamera DSLR yang terdapat cermin, pengaruhnya yang paling terlihat ada pada ukurannya yang besar dan tidak akan bisa setipis kamera mirrorless. Selain itu kita tidak bisa mengetahui pencahayaan yang masuk, selain dari meteran yang ditunjukan oleh sistem.

Pada kamera Mirrorless, pencahayaan yang masuk pada gambar umumnya akan langsung bisa dilihat pada layar. Jadi gambar yang kita ambil terlalu terang atau terlalu gelap, kita bisa langsung mengetahuinya.

Selain itu juga permasalahan baterai yang dialamin mirrorless bisa menjadi pertimbangan anda. Karena ukurannya yang kecil membuat daya tahan baterai juga menjadi kecil, lalu layar yang dipakai untuk menunjukan gambar juga bisa membuat baterai jadi cepat habis.

Jika dilihat dari ukuran, baterai bukanlah satu satunya masalah yang akan anda hadapi. Tetapi, sensor kamera yang terdapat didalamnya juga akan menjadi masalah bagi anda yang menginginkan sensor full frame yang biasanya terdapat pada kamera DSLR menengah sampai premium. Sementara pada kamera mirrorless atau DSLR low-end, sensor yang digunakan adalah cropped sensor atau sensor yang lebih kecil.

Tipe Kamera Apa yang Cocok Bagi Anda?

Jika anda adalah orang yang menginginkan puluhan sampai ratusan foto dalam satu sesi pemotretan, DSLR adalah pilihan terbaik untuk anda. Karena hasrat anda dalam fotografi tidak akan bisa terpuaskan jika anda menggunakan kamera mirrorless.

Jika anda tidak terlalu terobsesi dengan fotografi, maka kamera mirrorless bisa jadi pilihan terbaik. Karena pasti anda akan keberatan jika harus membawa kamera DSLR yang berat dan besar ketika anda jalan-jalan atau berwisata.

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz