Membahas semua info tentang kamera

4 Kekurangan Kamera Full Frame dibandingkan Dengan APS-C

Artikel terkait : 4 Kekurangan Kamera Full Frame dibandingkan Dengan APS-C

Kamera Full Frame yang memiliki sensor sama dengan ukuran film yaitu 24 x 36mm ini memiliki banyak kelebihan dan keuntungan yang bisa didapatkan jika dibandingkan dengan kamera APS-C.

Namun, mengutip pepatah yang berbunyi "tak ada gading yang tak retak" yang memiliki makna tidak ada sesuatu hal yang sempurna, hal ini juga berlaku pada kamera Full Frame. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, kamera ini ternyata juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah pembahasan kekurangan kamera Full Frame yang telah kami rangkum untuk anda. Ohiya, sebagai perbandingan kami akan menggunakan kamera APS-C.

sumber: ILKO ALLEXANDROFF (youtube)

Kekurangan Kamera Full Frame Dibandingkan Dengan Kamera APS-C


Kamera Full Frame adalah kamera yang diandalkan oleh banyak fotografer profesional, karena hasil gambarnya yang tajam dan fokus ini lah yang menjadi pilihan untuk para fotografer profesional. Beberapa jenis kamera Full Frame diantaranya adalah  Canon EOS 5D Mark III, Nikon D810, Sony A7 dan banyak lagi dan tentunya tidak bisa kami sebutkan. Kamera yang banyak digunakan oleh fotografer profesional ini bukan tidak memiliki kekurangan, apa saja kekurangannya? simak di bawah ini.

1. Harga Relatif Lebih Mahal

Harga yang dibanderol untuk satu buah kamera Full Frame sangatlah mahal, dan hal ini tentu saja menjadi hambatan bagi orang-orang yang masih pemula dan berminat untuk membeli kamera Full Frame. seperti contohnya kamera Full Frame dengan seri dan merek Canon EOS 6D, dibanderol dengan harga 10 juta rupiah, mahal bukan?

2. Harus Menggunakan Lensa Khusus

Lensa yang digunakan pada kamera Full Frame haruslah lensa EF yang memang dibuat untuk kamera Full Frame. Dan harga dari lensa kamera ini pun tidaklah murah, meskipun begitu tentu saja setiap jenis lensa memiliki ciri khas dan kegunaan masing-masing dalam mengambil gambar.

3. Harga Lensa Yang Tidak Murah

Lensa yang dibuat khusus untuk kamera Full Frame biasanya memiliki kelasnya tersendiri. Selain itu juga kamera Full FRame memiliki lensa khusus yang berada di kelas utama. Mengapa lensa kamera Full Frame bisa memiliki harga yang mahal? lensa kelas utama yang dibuat khusus untuk kamera Full Frame biasanya dibuat dengan bahan dan optik terbaik dan hal inilah yang menjadi penyebab tingginya harga lensa tersebut.

4. Beban Berat Kamera Full Frame

Kamera Full Frame memiliki sensor yang lebih besar jika dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada kamera APS-C. Bukan hanya sensor yang lebih besar, namun komponen lain pun juga memiliki ukuran yang lebih besar. Hal ini lah yang membuat kamera Full Frame terasa lebih berat jika dibandingkan dengan kamera APS-C.

Berat kamera Full Frame biasanya ada pada angka 1 kilogram, sementara itu kamera APS-C memiliki berat sekitar 500-700 gram saja. Jauh bukan?


Nah, daftar diatas adalah beberapa kekurangan kamera Full Frame. Daftar diatas tentu saja tidak berhenti disana, masih banyak lagi kekurangan-kekurangan lainnya yang tidak saya tulis dan belum saya temukan tapi tentu saja dalam memilih kamera kita harus menyesuaikan dengan budget dan fitur yang kita inginkan terdapat pada sebuah kamera. Jika anda menginginkan hasil terbaik rasanya tidak salah jika anda memilih kamera Full Frame.

Artikel TipeKamera.com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 TipeKamera.com | Design by Bamz